Minggu, 26 Oktober 2014

Jenis Fobia Yang Umum


Menurut National Institute of Mental Health, fobia mempengaruhi sekitar 10 persen dari orang dewasa. Ada sejumlah penjelasan mengapa fobia berkembang, termasuk teori evolusi dan perilaku. Apapun penyebabnya, fobia adalah kondisi yang dapat diobati yang dapat diatasi dengan teknik terapi kognitif dan perilaku. 

Apa jenis fobia yang paling umum orang alami?  Berikut ini adalah beberapa jenis fobia yang paling umum orang alami dan terkadang menyebabkan timbulnya gejala seperti perasaan pusing, mual, atau sesak napas. Pada beberapa kejadian, gejala-gejala tersebut bisa mengakibatkan kepanikan.



Arachnophobia

Arachnophobia adalah suatu ketakutan spesifik, atau bisa disebut sebagai ketakutan yang teramat sangat akan hewan laba-laba dan arachnid lainnya. Penderita Arachnophobia disebut juga Arachnofobik. jenis fobia ini cenderung lebih banyak mempengaruhi perempuan dibandingkan dengan laki-laki.


Ophidiophobia

Ophidiophobia adalah jenis fobia dimana penderitanya mengalami perasaan takut yang tidak normal kepada ular. Penderita jenis fobia ini merasa takut kepada ular bukan saja ketika melihat langsung ularnya, namun juga merasa takut walaupun melihatnya melalui gambar atau melalui televisi.  Jenis fobia ini sering dikaitkan dengan penyebab evolusi, pengalaman pribadi, atau pengaruh budaya.


Acrophobia
Jenis fobia ini menimbulkan perasaan takut akan ketinggian bagi penderitanya. pada umumnya bagi yang mengalami jenis fobia ini akan menghindari untuk pergi ke tempat ketinggian. Ketakutan ini dapat menyebabkan serangan kecemasan bagi penderitanya.

Agoraphobia
Penderita jenis fobia ini merasa ketakutan terhadap tempat-tempat yang menurutnya sulit untuk melarikan diri. Termasuk daerah yang ramai, ruang yang terbuka, atau pada situasi yang mungkin bisa menimbulkan serangan panik. Penderita jenis fobia ini selalu menghindari peristiwa yang bisa menimbulkan serangan panik. bahkan kadang-kadang mereka merasa takut untuk meninggalkan atau keluar dari rumahnya.

Cynophobia
Penderita Jenis fobia ini mengalami perasaan takut pada Anjing. Kadang-kadang juga penderita jenis fobia ini hanya takut pada jenis Anjing tertentu. Jenis fobia ini sering dikaitkan dengan pengalaman pribadi tertentu, misalnya digigit anjing selama masa kanak-kanak. Pada beberapa kejadian, penderita jenis fobia ini dimasukkan ke dalam sebuah ruangan yang di dalamnya ada beberapa ekor Anjing yang jinak, hingga ia tidak merasa takut lagi pada Anjing.

Astraphobia
Astraphobia adalah merupakan salah satu jenis fobia yang menimbulkan perasaan takut kepada Guntur dan kilat. Juga dikenal sebagai Brontophobia, Tonitrophobia, atau Ceraunophobia. Pada umunya penderitanya jika mendengar suara Guntur atau melihat kilat, jantung mereka berdegup kencang bahkan mereka kadang-kadang merasa sulit untuk bernapas.

Trypanophobia
Penderita jenis fobia yang satu ini, mengalami perasaan takut pada suntikan. Pada umumnya penderita jenis fobia ini akan menghindarkan diri untuk pergi ke rumah sakit. Bahkan mungkin mereka lebih rela mati dari pada harus berhadapan dengan jarum suntik yang ada di rumah sakit.

Social Phobias
Penderita jenis fobia ini merasa takut akan situasi sosial. Pada penderita Social Phobias, mereka merasa ketakutan akan diamati dan dipermalukan di depan publik. Hal ini bermanifestasi sebagai rasa malu dan tidak nyaman yang sangat berlebihan di situasi sosial.

Pteromerhanophobia
Pteromerhanophobia adalah jenis fobia yang membuat penderitanya mengalami perasaan ketakutan yang berlebihan pada saat berada di udara ataupun takut terbang, misalnya ketika menaiki alat transportasi udara (pesawat terbang, balon udara, helikopter). Penderita jenis fobia ini Sering diobati menggunakan terapi pemaparan, dimana penderita dengan cara bertahap dan progresif diperkenalkan untuk terbang.

Mysophobia

Penderita Mysophobia mengalami perasaan takut yang tidak normal terhadap kuman atau kotoran. Penderita jenis fobia ini kadang-kadang mengalami gemetar, jantung berdebar-debar, berkeringat dan kadang-kadang menangis ketika merasa terkena kotoran atau kuman. Mysophobia seringkali berkaitan dengan ganguan mental obsesif-kompulsif.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar